URUTAN CARA MELEPAS DAN MEMASANG CABLE/TERMINAL BATTERY YANG BENAR?
Pernahkan Anda memperhatikan urutan cara/metode yang benar dalam melepas dan memasang cable/terminal battery yang benar? Hampir di semua buku panduan perbaikan dan perawatan (OMM) baik Alat-alat berat kita maupun di kendaraan ringan mengharuskan kita mengikuti aturan melepas dan memasang kabel battery yang benar.
Seperti contoh di bawah ini yang diambil dari OMM hampir semua product Komatsu:
Artinya:
Pastikan melepas terminal negative (-) dahulu dari ground saat melepas battery; dan saat memesang battery hubungkan terminal positif (+) dahulu baru yang terakhir adalah terminal negative (-) ke ground. Kemudian kencangkan terminalnya dengan baik (aman).
Lalu apa masksud/tujuannya agar kita selalu mendahulukan melepas kabel negatif, dan memasang kabel negatif paling akhir pada saat R&I Battery?
Inilah jawabannya:
Kabel negatif battery selalu dihubungkan ke chasis atau body dan juga komponen-komponen mesin. Jadi kalau boleh dibilang, 99% body unit adalah ground! Apabila kabel negatif dilepas dari battery, maka chasis/body dan komponen mesin tersebut tidak lagi terhubung ke negatif battery.
Pada saat melepas kabel positif dengan menggunakan kunci untuk membuka terminal jepitnya, kunci tersebut tentunya akan bermuatan positif. Terkadang tanpa disengaja pada saat membuka baut terminal battery, kunci tersebut menyentuh besi pengikat atau komponen mesin lainnya sehingga terjadilah short/korsleting! Dan tentunya ini berbahaya karena bisa berakibat battery meledak atau unit terbakar.
Sebaliknya apabila mau memasang, pastikan kabel negatif battery harus yang terakhir untuk keamanan bahwa pada saat mengencangkan terminal positif (+) bila secara tidak sengaja kunci menyentuh body/chasiss tidak akan mengakibatkan short/korsleting!
Jadi ingat!
Saat melakukan pekerjaan R&I Battery:
KABEL/TERMINAL NEGATIVE (-)
PERTAMA DILEPAS – TERAKHIR DIPASANG
Pernahkan Anda memperhatikan urutan cara/metode yang benar dalam melepas dan memasang cable/terminal battery yang benar? Hampir di semua buku panduan perbaikan dan perawatan (OMM) baik Alat-alat berat kita maupun di kendaraan ringan mengharuskan kita mengikuti aturan melepas dan memasang kabel battery yang benar.
Seperti contoh di bawah ini yang diambil dari OMM hampir semua product Komatsu:
Artinya:
Pastikan melepas terminal negative (-) dahulu dari ground saat melepas battery; dan saat memesang battery hubungkan terminal positif (+) dahulu baru yang terakhir adalah terminal negative (-) ke ground. Kemudian kencangkan terminalnya dengan baik (aman).
Lalu apa masksud/tujuannya agar kita selalu mendahulukan melepas kabel negatif, dan memasang kabel negatif paling akhir pada saat R&I Battery?
Inilah jawabannya:
Kabel negatif battery selalu dihubungkan ke chasis atau body dan juga komponen-komponen mesin. Jadi kalau boleh dibilang, 99% body unit adalah ground! Apabila kabel negatif dilepas dari battery, maka chasis/body dan komponen mesin tersebut tidak lagi terhubung ke negatif battery.
Pada saat melepas kabel positif dengan menggunakan kunci untuk membuka terminal jepitnya, kunci tersebut tentunya akan bermuatan positif. Terkadang tanpa disengaja pada saat membuka baut terminal battery, kunci tersebut menyentuh besi pengikat atau komponen mesin lainnya sehingga terjadilah short/korsleting! Dan tentunya ini berbahaya karena bisa berakibat battery meledak atau unit terbakar.
Sebaliknya apabila mau memasang, pastikan kabel negatif battery harus yang terakhir untuk keamanan bahwa pada saat mengencangkan terminal positif (+) bila secara tidak sengaja kunci menyentuh body/chasiss tidak akan mengakibatkan short/korsleting!
Jadi ingat!
Saat melakukan pekerjaan R&I Battery:
KABEL/TERMINAL NEGATIVE (-)
PERTAMA DILEPAS – TERAKHIR DIPASANG
0 Response to "CARA MELEPAS DAN MEMASANG KABEL BATERAI"
Post a Comment