'cookieChoices = {};' AIR SYSTEM TRUCK | ALAT BERAT / HEAVY EQUIPMENT UNIT

AIR SYSTEM TRUCK

Air dryer
Dengan menggunakan drying agent yang terdapat di dalam air drier, maka kandungan uap air, oli dan kotoran lainnya dapat diendapkan, sehingga angin yang masuk kedalam system dapat menjadi lebih kering dan bersih. Sedangkan hasil endapan tersebut akan dibuang keluar pada saat air governor bekerja, dengan memanfaatkan pilot pressure angin dari governor pada saat cut-out.
Dengan kata lain, air drier berfungsi untuk menjaga agar pressure angin dapat system, dapat bebas dari uap air, oli atau kotoran lainnya.

Air Governor
Bekerja untuk mempertahankan pressure angin dalam system, agar selalu dalam range standart yang telah ditentukan. Saat pressure wet tank mencapai setting cut-out pressure, maka Air Governor akan mengalirkan pilot pressure ke Unloader valve pada sisi Intake valve Compressor, sehingga compressor tidak bekerja.
Jika pressure angin pada wet tank turun sampai setting Cut-In pressure, maka Air governor akan menutup jalur menuju port Unloader valve dan justru menghubungkan port Unloader valve dengan udara bebas, sehingga Intake valve compressor dibebaskan dan dapat bekerja normal, maka Compressor akan kembali bekerja untuk menghasilkan pressure angin.

unloader valve
Unloader valve terpasang diatas Intake valve Compressor, dan akan bekerja saat mendapat pilot pressure dari Air Governor (Cut-out) untuk memposisikan Intake Valve Compressor agar selalu terbuka (pada tipe compressor dengan double cylinder head), sehingga saat piston compressor bergerak pada langkah compression, tidak bisa menghasilkan pressure angin melalui Exhaust valve. Dengan kata lain compressor diposisikan Unload (tidak terbebani).

Relay valve
Relay umumnya dipasang berdekatan dengan Air tank, sehingga selalu tersedia standby pressure. Saat service brake atau retarder valve dioperasikan, pilot pressurenya hanya digunakan untuk menggerakkan piston relay valve dan membuka inlet valve, selanjutnya pressure air tank dialirkan ke masing-masing chamber brake, dengan demikian respon efek brake tidak mengalami keterlambatan.

Two way valve (double check valve)
Didalam system angin, two way valve memiliki dua buah port input sedangkan port outputnya hanya satu, sehingga saat pada kedua sisi input terdapat pressure angin, maka pressure input yang lebih besarlah yang akan mengalir menuju ke sisi output, karena valve akan menutup jalur input pressure yang lebih kecil.
Jadi pada prinsipnya two valve valve bekerja berdasarkan perbedaan pressure pada kedua sisi inputnya dan memilih salah satu dari kedua input pressure angin untuk menuju ke sisi outputnya.

Chamber brake (Dump truck)
Chamber brake terpasang diantara relay valve dan slack adjuster. Terdapat Air chamber dengan luas area penerimaan pressure yang besar dan Oil chamber dengan luas area penerimaan pressure (A) yang relatif lebih kecil. Sehingga saat pressure angin (P) menekan piston air chamber, gaya tekan (Force) yang timbul menjadi besar, yang kemudian digunakan untuk menghasilkan pressure oli yang relatif jauh lebih besar. Dengan demikian, pressure angin yang kecil dapat menghasilkan pressure oli yang besar.
F angin = F oil ------> P angin x A angin = P oil x A oil -----> A angin > A oil,  sehingga  P oil > P angin

Treadle (brake) valve
Brake valve biasanya juga disebut foot brake valve karena dioperasikan dengan menginjak pedalnya. Pada dasarnya valve ini bertipe proportional valve, sehingga pressure angin outputnya dapat sesuai dengan sudut injakan pedal, dengan demikian efek brake sesuai yang diinginkan operator.
Terdapat dua port inlet (tank) dan dua port outlet (relay valve), tetapi karena secara konstruksi dibagi menjadi dua bagian, yaitu Upper valve (portion) dan Lower valve (portion), maka untuk setiap bagian hanya terdapat satu port inlet dan satu port outlet. Karena kedua sirkuit saling terpisah, sehingga tidak saling mempengaruhi, saat terjadi kerusakan pada salah satu sirkuit, dengan demikian sirkuit yang tidak mengalami kerusakan masih dapat berfungsi normal.

Air compressor
Air compressor dipasang pada front cover engine, sehingga saat engine hidup, crankshaft compressor langsung ikut berputar dan connecting rod merubah gerakan menjadi langkah naik-turun piston. Seperti mekanisme piston engine, compressor juga mempunyai dua buah valve yaitu, Inlet dan Exhaust valve, tetapi pergerakan membuka dan menutup valve hanya berdasarkan pressure atau kevakuman yang disebabkan oleh langkah piston. Port Inlet valve dihubungkan dengan Intake manifold, sehingga suplai angin sudah bersih, sedangkan port Exhaust valve dihubungkan dengan Wet tank.
Pada saat piston bergerak turun dari TDC ke BDC, maka Inlet valve terbuka dan Exhaust valve tertutup karena kevakuman, sehingga udara dapat masuk ke compression chamber. Sedangkan saat piston bergerak naik dari BDC ke TDC, Inlet valve tertutup dan Exhaust valve terbuka dari pressure yang dihasilkan, sehingga pressure angin dapat mensuplai ke system (wet tank).
Pada bagian atas Inlet valve dipasang Unloader valve yang berfungsi untuk menekan Inlet valve agar selalu terbuka, pada saat Cut-out pressure tercapai (lihat cara kerja Unload valve).

Air tank   
Sebagai tempat penampung pressure angin yang dihasilkan oleh Air Compressor. Didalam system unit, terdapat beberapa jenis Air tank sesuai dengan fungsi masing masing :
Wet tank :
Sesuai dengan namanya, tank ini berfungsi penampung awal angin yang dihasilkan compressor dan akan mengendapkan kandungan uap air dalam angin dengan cara kondensasi (pendinginan), sehingga berubah menjadi air, yang dapat dibuang melalui manual drain valve atau dengan automatic drain valve. Pada wet tank juga dipasang safety valve yang berfungsi mencegah terjadinya kenaikan pressure abnormal dalam sirkuit.

Dry tank :
Pressure angin dari Wet tank setelah melalui check valve akan masuk ke dalam dry tank, untuk kemudian digunakan sebagai main pressure angin dalam sistem. Pada dry tank juga dipasang manual drain valve untuk membuang endapan air.

Pilot air tank :
Sebagian pressure angin dari Wet tank masuk ke pilot air tank melalui sebuah check valve. Pressure angin dalam Pilot Air tank digunakan sebagai input pressure untuk solenoid valve dalam system dan juga input pressure untuk retarder valve. Pada Pilot Air tank juga dipasang manual drain valve untuk membuang endapan air.

Drain valve
Pada dasarnya drain valve berfungsi untuk membuang endapan air atau kotoran dari dalam tank, sehingga angin dalam system lebih bersih dan kering. Terdapat manual drain valve, yang dioperasikan dengan cara ditarik untuk membuang endapan kotoran dalam tank, sedangkan Automatic drain valve (optional) akan bekerja secara otomatis untuk membuang endapan kotoran berdasarkan perbedaan pressure dalam kedua chamber valve.

Safety valve         
Dipasang pada Wet tank dan berfungsi untuk mencegah terjadinya kenaikan pressure tinggi yang abnormal saat terjadi kerusakan pada Air governor ataupun Unloader valve, sehingga Air compressor selalu bekerja untuk mensuplai pressure angin ke dalam system. Jika pressure angin dalam Wet tank mencapai + 9.5 kg/cm2, maka safety valve akan bekerja untuk membebaskan pressure angin ke udara luar .

Unloader valve
Dipasang dibagian atas Intake valve Air compressor, dan akan menekan Inlet valve agar selalu terbuka saat Air governor bekerja (pressure Cut-out), dan mengalirkan pilot pressure ke Unloader valve sehingga compressor tidak bisa menghasilkan pressure angin ke dalam system (Unload position).

Two Way Relay Valve
Suatu relay valve yang mempunyai port supply yang dihubungkan dengan Air tank, port  delivery dihubungkan dengan spring brake chamber, serta port control dari brake valve atau hand control valve setelah melalui two way valve. Valve ini berfungsi untuk mengalirkan preesure angin menuju spring brake chamber sesuai dengan posisi brake valve atau hand control valve.

Quick Release Valve
Valve yang mempunyai satu port inlet dari service brake atau retarder brake, dengan 2 buah port outlet yang dihubungkan menuju kedua relay valve (kanan & kiri) dan port drain. Valve ini dipasang berdekatan dengan kedua relay valve, yang berfungsi untuk mempersingkat waktu release, karena saat service brake atau retarder dioperasikan, akan terjadi keterlambatan saat release jika pembuangan (pembebasan) pressure dilakukan pada service brake valve atau retarder valve.

Mechanical Slack adjuster (light truck)
Suatu komponen yang dipasang pada brake cam shaft dengan menggunakan spline, dan dihubungkan dengan rod chamber brake, sehingga berfungsi meneruskan dan merubah pergerakkan maju mundur rod chamber brake menjadi gerakan putar cam shaft. Disamping itu juga terdapat bolt adjuster (pada system manual) yang digunakan untuk adjustment brake shoe clearance (kerengggangan), sedangkan pada automatic type, adjustment tidak perlu dilakukan, karena secara otomatis, clearancenya selalu dipertahankan.

Hydraulic Automatic slack adjuster (Dumptruck)
Suatu komponen yang biasanya terletak diatas differential (axle) housing dan didalam system brake dipasang antara brake valve atau retarder valve dengan brake piston chamber. Slack adjuster berfungsi untuk mengatur agar keterlambatan waktu (time lag) selalu konstan, dengan demikian clearance brake piston dan brake clutch selalu dapat dipertahankan sesuai standart saat terjadi keausan pada disc plate.

Parking Brake
Suatu system brake yang digunakan hanya pada saat unit parkir, sehingga tidak terjadi pergerakan unit yang tidak diharapkan.

Quick Coupler Hose (light truck)
Quick coupler terdiri dari sepasang Male dan Female coupler, pemasangan keduanya relative mudah dan simple, digunakan untuk menyambung dan menghubungkan pressure angin misalnya dari prime-over menuju trailer.

Air Pressure Gauge
Berupa gauge dengan pointer jarum dan digunakan untuk mengukur pressure angin dalam system, pada latar belakang skala angkanya dibagi menjadi beberapa warna berbeda untuk mempermudah pembacaan dan range pressurenya : low, normal/operasi dan over

Service Brake Chamber (light truck)
Brake chamber yang menerima pressure angin dari relay valve saat pedal brake diinjak, sehingga saat pressure angin bekerja pada diaphramnya, rod brake chamber akan bergerak keluar dan menekan slack adjuster untuk mengaktifkan brake.

Shoe Brake (light truck)
Shoe brake sebagai tempat kedudukan lining brake, sepasang shoe brake dipasang didalam drum brake. Salah satu ujung shoe brake dipasang pada axle housing menggunakan pin, sedangkan ujung shoe lainnya mempunyai roller yang duduk pada cam brake shaft.

Cam Brake (light truck)
Cam brake shaft mempunyai cam berbentuk S atau Z sebagai kedudukan 2 buah roller brake shoe pada bidang cekungnya, sedangkan sisi luar cam brake shaft dihubungkan spline dengan slack adjuster-chamber brake, sehingga saat brake dioperasikan, putaran cam brake shaft akan menggerakkan roller brake shoe ke bidang cembung sehingga brake shoe mengembang dan menekan drum brake.

Drum Brake (light truck)
Wheel hub juga sebagai drum brake dan pada bagian dalamnya mempunyai bidang kontak dengan lining brake, sehingga pada saat brake diaktifkan, lining brake akan menekan drum brake sehingga timbul friction force untuk mengurangi atau menghentikan putaran wheel hub

Trailler Brake Valve
Hand control valve merupakan proportional valve yang dioperasikan dengan tangan, dan saat lever ditarik, pressure angin output yang sesuai dengan langkah lever akan dikirimkan menuju trailer brake relay valve untuk mengaktifkan trailer brake.

Synchro Valve (light truck)
Suatu valve yang mempunyai supply port yang dihubungkan dengan Air tank, delivery port yang dihubungkan dengan emergency relay valve, serta control port yang berasal dari hand control valve. Valve ini dipasang pada Prime-over yang berfungsi untuk mempertahankan minimal pressure pada circuit emergency sebesar 2.8 kg/cm2, pada saat terjadi kebocoran pada jalur circuit antara synchro valve dengan emergency relay valve, sehingga emergency brake tetap dipertahankan (semi) release, untuk mencegah efek brake secara mendadak

Dual Brake System
System brake dimana pembagian effect brake pada roda diatur oleh upper portion dan lower portion (treadle valve) untuk mendapatkan effect braking yang merata dan memperhatikan factor safety saat terjadi kebocoran pada salah satu system, misal upper valve melayani front rear axle, sedangkan lower portion akan melayani front axle dan rear rear axle, antara kedua sirkuit terpisah dan tidak saling mempengaruhi. Sehingga saat terjadi kerusakan atau kebocoran pada salah satu system, braking masih dapat dilakukan meskipun effect brakingnya berkurang.

Emergency brake system (line)
System brake yang akan bekerja secara otomatis untuk mengaktifkan brake saat terjadi penurunan pressure pada sisi intake wet tank (misal : kerusakan pada Air compressor). Emergency brake dapat juga diaktifkan secara manual.

Chamber Brake (Light truck)
Chamber brake yang mempunyai dua buah chamber, satu untuk service brake dan satunya untuk spring brake emergency. Saat unit jalan normal, pressure akan dialirkan menuju spring brake untuk merelease spring, sehingga saat pressure dihilangkan, emergency spring brake akan bekerja. Saat spring brake posisi release, besar effect brake yang didapat sesuai dengan sudut injakan pedal brake.

Service brake system (line)
System brake yang akan bekerja mengaktifkan brake saat foot brake pedal diinjak.

Double acting type of Shoes (Light truck)
Type ini digunakan pada unit class medium dan large, yang menggunakan dua buah piston yang posisinya bertolak belakang, sehingga saat pressure dialirkan ke dua sisi bottom, rod akan bergerak extend untuk menggerakkan brake shoe menekan drum untuk menghasilkan braking force yang lebih besar.

Single acting type of Shoes (Light truck)
Type ini digunakan pada unit class small, dan hanya menggunakan satu buah piston, sehingga saat pressure dialirkan ke sisi bottom, rod akan bergerak extend untuk menggerakkan brake shoe menekan drum untuk menghasilkan braking force yang lebih kecil

Duo Servo type (Light truck)
Digunakan untuk parking brake pada unit class medium dan large, menggunakan sebuah fixed cylinder dan sebuah piston double acting, kedua brake shoe dihubungkan pada bagian bawahnya menggunakan adjuster, sehingga tetap menimbulkan braking effect meskipun saat posisi mundur

Braking effect distance
Diukur dari titik pada saat foot brake pedal atau retarder brake valve dioperasikan sampai titik dimana unit berhenti (dalam satuan meter). Kecepatan travel unit sekitar 32 km/h, pada permukaan jalan yang lurus, datar, rata dan pressure angin mencapai + 8 kg/cm2. Pengukuran braking effect distance bertujuan untuk mengukur jarak actual effect brake, sehingga kemampuan total brake dapat diketahui.

Braking capacity
Kemampuan parking diukur pada kondisi unit bermuatan (standart) setelah dilakukan adjustment clearance, saat unit diparkir pada kemiringan minimal 8,6o (grade min.15%) tidak terjadi pergerakan yang tidak diinginkan.

Brake loose
Braking effect distance terlalu jauh yang disebabkan antara low pressure, wear out, dsb

Parking Brake clearance
Celah kerenggangan antara disc dengan parking brake pads atau parking brake drum dengan lining.

Wear indicator at Slack adjuster (Light truck)
Sebagai tanda untuk mengetahui tingkat keausan lining brake.

Bleeding air from the Brake (dump truck)
Tindakan yang dilakukan untuk membuang angin yang terjebak didalam oil brake system, sehingga brake dapat bekerja normal.

Push rod stroke chamber (Light truck)
Panjang langkah push rod saat brake diaktifkan yang dipengaruhi oleh, tingkat keausan lining, Air pressure dan adjustment slack adjuster.

Mechanical releasing of Spring Brake (Light truck)
Suatu cara yang dilakukan untuk merelease spring brake secara manual, dengan cara memasukkan jack (releasing) bolt kedalam piston dan mengencangkan lock nut untuk menarik piston keluar mengalahkan tension spring brake.

Oversize lining (Light truck)
Lining brake yang ketebalannya melebihi standart dan digunakan pada drum yang sudah undersize, sehingga braking force dapat dipertahankan.

Cut-In pressure
Batas minimal pressure angin dalam system (wet tank), saat pressure turun sampai setting pressure Cut-In + 7.0 kg/cm2, maka Air governor menutup pilot pressure yang menuju ke port unloader valve dan justru menghubungkan port unloader valve dengan udara luar, sehingga Inlet valve dibebaskan dan dapat bekerja normal, dengan demikian Air Compressor dapat kembali menghasilkan pressure angin ke dalam system (Wet tank).

Cut-Out pressure
Batas maksimal pressure angin dalam system (wet tank), saat pressure naik mencapai setting pressure Cut-Out + 8.3 kg/cm2, maka Air governor membuka valve dan mengalirkan pilot pressure menuju ke port unloader valve dan menutup port exhaust, sehingga Inlet valve compressor ditekan agar selalu terbuka, dengan demikian Air Compressor tidak dapat bekerja untuk menghasilkan pressure angin ke dalam system (Wet tank).

Starting speed test (dump truck)
Pengetestan kemampuan brake yang dilakukan dengan cara mengukur rpm engine pada saat unit mulai bergerak dengan kondisi brake dioperasikan dan transmission pada speed F2.

Constant time lag (dump truck)
Waktu yang diperlukan untuk merapatkan brake clutch (disc-plate) selalu tetap, karena adanya fungsi automatic adjuster untuk mempertahankan free clearance dengan menambahkan quantity oli kedalam piston chamber sehingga stroke piston tetap konstan saat terjadi keausan pada brake clutch, dengan demikian tidak terjadi keterlambatan braking force.

Hydro-pneumatic brake system (dump truck)
System brake yang menggunakan pressure angin yang relative kecil sebagai control/pilot pressure untuk menghasilkan pressure oli yang besar dan digunakan untuk mengaktifkan brake.

Brake line failure (dump truck)
Penurunan brake operating pressure yang antara lain dapat disebabkan :
- Ada angin yang terjebak dalam brake oil system (karena bleeding tidak sempurna)
- Terjadi kebocoran pada chamber brake atau brake piston
- Atau terjadi keausan pada brake clutch (brake line failure hanya sesaat terjadinya)

Free length of spring
Panjang spring saat terlepas dari komponen dan tidak terbebani.

Installed length of spring
Panjang spring saat terpasang pada komponen, atau panjang spring saat pengukuran dilakukan dengan memberikan beban tertentu.

Installed load of spring
Beban tertentu yang diberikan kepada spring, untuk mengetahui kemampuan elastisitas spring saat pengukuran Installed length of spring.

Brake actuating pressure (dump truck)
Pressure oil brake yang dihasilkan chamber brake yang digunakan untuk menekan brake piston dan mengengagedkan brake clutch sehingga timbul braking force.

Front brake cut-off (dump truck)
Suatu system yang dioperasikan secara manual dengan memposisikan Front brake cut-off switch ON, untuk menCancel front brake agar tidak bekerja saat service brake pedal diinjak. Dengan tujuan agar operator berkonsentrasi pada steering wheel, tidak perlu menarik retarder lever untuk mengaktifkan rear brake, tetapi dengan menginjak service brake, pada saat unit beroperasi di permukaan jalan yang licin.

Drop In Pressure (dump truck)
Besar penurunan brake operating pressure,  pada saat brake dioperasikan selama waktu tertentu (5 menit), sebagai indikasi kemampuan brake saat digunakan secara terus menerus, misal saat unit beroperasi pada jalan turunan yang panjang.

Air drier
Visual check       : Crack, scratch, thread condition
Measurement    : Spring performance

Air governor
Visual check       : Crack, scratch, thread condition
Measurement    : Spring performance

Unloader valve
Visual check       : Crack, thread condition
Measurement    :  Spring performance

Relay valve (with emergency valve)
Visual check       : Crack, scratch, thread condition
Measurement    :  Spring performance

Retarder valve (trailer brake valve)
Visual check       : Crack, scratch, thread condition
Measurement    :  Spring performance

Chamber brake  (with brake failure line sensor)
Visual check       : Crack, scratch, thread condition
Manual check    :  Spring performance  

Air compressor
Visual check       : Crack, scratch, thread condition
Measurement    :  Cylindricity & roundness Liner, roundness crankshaft, diameter pin con rod                                Pin seat conrod, etc

Relay valve
Visual check       : Crack, scratch, thread condition
Measurement    :  Spring performance

Parking/ Emergency control valve (dump truck)
Visual check       : Crack, scratch, thread condition

Treadle / brake valve
Visual check       : Crack, scratch, thread condition
Measurement    :  Spring performance

Ratio valve (for front brake) (dump truck)
Visual check       : Crack, thread condition
Measurement    :  Spring performance

Quick release valve
Visual check       : Crack, thread condition

0 Response to "AIR SYSTEM TRUCK"

Post a Comment