LOKASI KOMPONEN FUEL SYSTEM 320D
Piston-type
fuel transfer pump (1) mengalirkan fuel dari tank ke main fuel pump.
Fuel camshaft menggerakan fuel transfer pump. Apabila machine mengalami
habis fuel atau setelah penggantian filter maka fuel priming pump (2)
dapat digunakan untuk memancing fuel.
Untuk mempriming fuel, buka pengunci dari priming pump dengan cara
memutarkan pump knob berlawanan arah dengan arah putaran jarum jam.
Setelah melepaskan kunci knob selanjutnya operasikan pompa. Longgarkan
air vent plug pada fuel filter manifold untuk mengalirkan fuel ke filter
dan pada governor untuk mengalirkan fuel ke main pump dan fuel lines
(akan didiskusikan kemudian).
Fuel mengalir melalui filter sebelum masuk ke main fuel pump. Spin-on
fuel filter harus selalu dirawat setiap interval waktu tertentu. Jika
terdapat kotoran yang menyumbat fuel filter maka filter bypass valve
akan terbuka sehingga fuel transfer pump akan mengalirkan fuel yang
tidak disaring ke fuel main pump.
PERHATIAN
Jangan pernah menuangkan fuel ke dalam filter pada saat
memasang filter baru. Untuk memastikan bahwa tidak terdapat fuel kotor
yang masuk ke dalam fuel system saat penggantian filter maka gunakanlah
fuel priming pump untuk memancing fuel. Pada saat memompa untuk
memancing, bukalah air vent plug (panah) agar udara dapat mengalir
keluar dari system. Pemompaan dihentikan saat fuel mengalir tanpa
disertai dengan gelembung udara dari vent plug. Yakinkan untuk menampung
fuel yang keluar dari air vent. Air vent plug dapat diganti dengan
pressure gauge untuk mengukur tekanan fuel antara transfer pump dan
filter.
Main fuel pump (1) adalah in-line cam-type pump yang terdiri dari
enam buah scroll-type fuel pumps (2) yang terpasang secara individual.
Gear yang telah di-timing dengan engine crankshaft merupakan penggerak
dari main fuel pump. Governor (3) melalui perantaraan fuel control rack
mengontrol jumlah fuel yang akan dikirimkan oleh masing-masing fuel pump
ke dalam cylinder.
Governor digerakan secara electro-mechanically melalui system cable
dan pulley (4). Pada saat energized, shutoff solenoid (5) menggerakan
fuel rack ke posisi FUEL OFF position tanpa dipengaruhi oleh throttle
position.
CATATAN: Saat mem-priming fuel pump dan fuel lines longgarkanlah air vent plug (6). Hentikan
Proses priming apabila fuel yang mengalir dari air vent plug sudah
tidak mengandung gelembung udara. Yakinkan untuk selalu menampung fuel
yang keluar dari air vent dengan menggunakan wadah dan buanglah di
tempat yang telah ditentukan.
0 Response to "LOKASI KOMPONEN FUEL SYSTEM 320D"
Post a Comment