Fuel Feed Pump Injection
Lokasi dan fungsi feed pump
Fuel
feed pump dipasang pada bagian samping pompa injeksi bahan bakar. Pompa
ini digerakan oleh sebuah cam. Pada saat plunger yang terdapat pada
pompa injeksi bergerak ke bawah akan terjadi kevakuman pada sisi atas
plunger yang dapat menarik masuk bahan bakar ke sisi tersebut. Namun
demikian, kevakuman tersebut belum cukup kuat untuk mensuplai bahan
bakar ke bagian atas plunger.
Guna memenuhi kebutuhan tersebut, maka diperlukan sebuah komponen
yang disebut dengan fuel feed pump (pompa pensuplai bahan bakar). Fuel
Feed Pump berfungsi mensuplai bahan bakar dari tanki bahan bakar ke
pompa injeksi bahan bakar dengan tekanan rendah berkisar 1.2 – 2.6
kg/cm2. Bersama dengan priming pump mensuplai bahan bakar ke sistem pada
saat engine hunting (engine hunting = sistem bahan bakar kemasukan
udara).
Struktur dan cara kerja fuel feed pump
Berikut ini ditunjukkan struktur fuel feed pump beserta priming pump.
Dimana tipe feed pump yang biasa digunakan pada pompa injeksi Bosch
adalah berupa tipe piston.
Di
dalam fuel feed pump terdapat saluran inlet, saluran outlet (delivery)
dan delivery check valve, piston, push rod yang digerakkan oleh sebuah
camshaft pada fuel feed pump, dan sebuah priming pump yang digunakan
untuk memompa bahan bakar selama engine dalam keadaan tidak
dioperasikan.
Proses bekerjanya fuel feed pump ditunjukkan pada gambar di bawah
ini. Pada gamabar ditunjukkan bahwa bekerjanya fuel feed pump terdiri
dari tiga proses, yaitu:
- Proses pengiriman bahan bakar ke pompa injeksi.
- Proses pengambilan bahan bakar dari tanki bahan bakar dan pensuplaian bahan bakar ke pompa injeks
- Proses idling
Pada gambar di atas, gambar sebelah kiri menunjukkan proses
pengiriman bahan bakar ke pompa injeksi oleh feed pump. Pada saat sedang
berlangsung proses pengiriman bahan bakar dari fuel feed pump ke pompa
injeksi, pus rod akan tertekan ke bawah oleh dorongan camshaft.
Pergerakkan push rod ke bawah akan menekan piston ke bawah, sehingga
bahan bakar yang sebelumnya sudah terdapat di bagian bawah piston akan
tertekan menuju pompa bahan bakar dan bagian atas dari piston melalui
check valve pada sisi delivery.
Pada gambar yang terletak di bagian tengah merupakan gambar proses
pengambilan bahan bakar dari tanki bahan bakar dan sekaligus pengiriman
bahan bakar ke pompa injeksi. Pada kondisi ini, push rod dan piston akan
bergerak ke atas akibat dorongan oleh spring yang terdapat di bagian
bawah piston (pergerakkan push rod mengikuti bentuk cam pada camshaft).
Pergerakkan piston ke atas akan menyebabkan terjadinya kevakuman pada
sisi bawah piston, sehingga bahan bakar yang terdapat di tanki bahan
bakar akan terhisap masuk melalui sisi inlet. Selain itu, bahan bakar
yang sebelumnya sudah terdapat pada sisi atas piston akan tertekan dan
masuk ke pompa bahan bakar tanpa melalui check valve.
Pada saat tekanan tinggi terjadi di pompa injeksi, bahan bakar akan
menekan piston ke bawah, sehingga push rod akan bebas bergerak tanpa
mempengaruhi pergerakkan dari piston (seperti ditunjukkan pada gambar
sebelah kanan).
0 Response to "Fuel Feed Pump "
Post a Comment